setelah ente sudah tau apa itu sistem informasi dan segala elementnya barulah kita lanjut ke SIM(Sistem Informasi Management) yang sangat berguna nanti buat gawe
bagi yg belom liat apa itu sistem informasi bisa ke trit ini dulu >> disini
oke mari kita lanjut ke SIM
SIM adalah sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi.
Komponen pembangun SIM :
1. Hardware
2. Software
3. Prosedur
4. Model Manajemen & Pengambilan
5. Keputusan
6. Database
Evolusi Sistem Informasi Barbasis Komputer :
1. EDP / SIA
Electronic Data Processing / Sistem Informasi Akuntansi, melaksanakan aplikasi akuntansi, aplikasi
ini ditandai dgn pengolahan data yg tinggi.
- Mengumpulkan data yg menjelaskan tentang perusahaan
- Mengubah data tsb menjadi informasi
- Menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.
SIA melaksanakan 4 tugas dasar :
1. pengumpulan data
2. manipulasi data : pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, penyiapan dokumen.
3. penyimpanan data
4. penyiapan data
Karakteristik SIA
5 karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dgn subsistem CBIS yang lain :
− melaksanakan tugas yang diperlukan
− berpegang pada prosedur yang relatif standar
− menangani data yang rinci
− terutama berfokus historis
− menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.
2. SIM (Sistem Informasi manajemen)
Integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional,
manajemen & pengambilan keputusan dalam organisasi.
Tujuan SIM :
Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen).
3. SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
sistem komputer yg interaktif yg membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data
& model untuk memecahkan masalah yg tidak terstruktur.
Tujuan :
− Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
− Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat.
− Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan & bukan peningkatan efisiennya.
Karakteristik SPK :
- Adaptability
- Flexibility
- user friendly
- support intelligence
- design
- choice
- effectiveness.
3 tingkatan teknologi SPK :
1. Specific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat & mudah membuat spesifik DSS
3. DSS Tools
Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS.
Manfaat SPK :
1. meningkatkan jumlah alternative yang dipilih
2. pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
3. respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan
4. Kontrol yang lebih baik.
PERBEDAAN SIM, SPK, EDP/SIA
SIM
− Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
− Alur informasi terstruktur
− Aktifitas : tanya tawab & penyusunan laporan
SPK
− Mengkhususkan pada pengambilan keputusan dari para manajer tingkat atas
− Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas & mampu memberi respon dengan cepat
− User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
EDP/SIA
− Fokus pada data
− Proses transaksi yang efisien
− Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
− Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.
4. OA (Office Automation)
Semua sistem elektronik formal & informal terutama yg berkaitan dengan komunikasi informal ke dan dari
orang-orang di dalam maupun luar perusahaan.
Fungsi OA adalah :
Untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan & menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
Tujuan otomatisasi Kantor :
1. penghindaran biaya
2. pemecahan masalah kelompok
3. sebagai pelengkap
aplikasi otomatisasi kantor :
1. word processing
2. email
3. voice mail
4. electronic calendering
5. audio conferencing
6. video conferencing
7. computer conferencing
8. facsimile transmission
9. video text
10. imaging
11. desktop publishing
5. Sistem Pakar
Merupakan program komputer yg berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultansi kepada pemakai
mengenai cara pemecahan masalah.
Komponen sistem pakar :
1. user interface - memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
2. knowledge base - menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3. inference engine - memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4. development engine - digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.
Output sistem pakar :
1. penjelasan pertanyaan
2. penjelasan pemecahan masalah
Hubunagan SIM dengan disiplin ilmu lain :
1.Akuntansi manajemen
- Akuntansi keuangan, berhubungan dgn pengukuran pendapatan dalam suatu periode tertentu
- Akuntansi manajerial, berhubungan dgn perilaku biaya & analitss lain yg bermanfaat untuk keputusan
manajerial
siap2 belajar akutansi bro..
2. Riset Operasional
- Penekanan pada pendekatan sistematis untuk penyelesaian masalah
- Memakai model & prosedur matematik serta statistik dalam analisis
- Bertujuan mencari keputusan atau kebijakan secara optimal.
3. Manajemen dan Teori Organisasi
- Sifat dari teori keorganisasian & pengambilan keputusan secara pribadi / perorangan
- Motivasi dari setiap pribadi
atau bisa juga liat versi blog gw disini
bagi yg belom liat apa itu sistem informasi bisa ke trit ini dulu >> disini
oke mari kita lanjut ke SIM
SIM adalah sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi.
Komponen pembangun SIM :
1. Hardware
2. Software
3. Prosedur
4. Model Manajemen & Pengambilan
5. Keputusan
6. Database
Evolusi Sistem Informasi Barbasis Komputer :
1. EDP / SIA
Electronic Data Processing / Sistem Informasi Akuntansi, melaksanakan aplikasi akuntansi, aplikasi
ini ditandai dgn pengolahan data yg tinggi.
- Mengumpulkan data yg menjelaskan tentang perusahaan
- Mengubah data tsb menjadi informasi
- Menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.
SIA melaksanakan 4 tugas dasar :
1. pengumpulan data
2. manipulasi data : pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, penyiapan dokumen.
3. penyimpanan data
4. penyiapan data
Karakteristik SIA
5 karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dgn subsistem CBIS yang lain :
− melaksanakan tugas yang diperlukan
− berpegang pada prosedur yang relatif standar
− menangani data yang rinci
− terutama berfokus historis
− menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.
2. SIM (Sistem Informasi manajemen)
Integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional,
manajemen & pengambilan keputusan dalam organisasi.
Tujuan SIM :
Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen).
3. SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
sistem komputer yg interaktif yg membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data
& model untuk memecahkan masalah yg tidak terstruktur.
Tujuan :
− Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
− Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat.
− Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan & bukan peningkatan efisiennya.
Karakteristik SPK :
- Adaptability
- Flexibility
- user friendly
- support intelligence
- design
- choice
- effectiveness.
3 tingkatan teknologi SPK :
1. Specific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat & mudah membuat spesifik DSS
3. DSS Tools
Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS.
Manfaat SPK :
1. meningkatkan jumlah alternative yang dipilih
2. pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
3. respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan
4. Kontrol yang lebih baik.
PERBEDAAN SIM, SPK, EDP/SIA
SIM
− Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
− Alur informasi terstruktur
− Aktifitas : tanya tawab & penyusunan laporan
SPK
− Mengkhususkan pada pengambilan keputusan dari para manajer tingkat atas
− Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas & mampu memberi respon dengan cepat
− User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
EDP/SIA
− Fokus pada data
− Proses transaksi yang efisien
− Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
− Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.
4. OA (Office Automation)
Semua sistem elektronik formal & informal terutama yg berkaitan dengan komunikasi informal ke dan dari
orang-orang di dalam maupun luar perusahaan.
Fungsi OA adalah :
Untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan & menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
Tujuan otomatisasi Kantor :
1. penghindaran biaya
2. pemecahan masalah kelompok
3. sebagai pelengkap
aplikasi otomatisasi kantor :
1. word processing
2. email
3. voice mail
4. electronic calendering
5. audio conferencing
6. video conferencing
7. computer conferencing
8. facsimile transmission
9. video text
10. imaging
11. desktop publishing
5. Sistem Pakar
Merupakan program komputer yg berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultansi kepada pemakai
mengenai cara pemecahan masalah.
Komponen sistem pakar :
1. user interface - memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
2. knowledge base - menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3. inference engine - memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4. development engine - digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.
Output sistem pakar :
1. penjelasan pertanyaan
2. penjelasan pemecahan masalah
Hubunagan SIM dengan disiplin ilmu lain :
1.Akuntansi manajemen
- Akuntansi keuangan, berhubungan dgn pengukuran pendapatan dalam suatu periode tertentu
- Akuntansi manajerial, berhubungan dgn perilaku biaya & analitss lain yg bermanfaat untuk keputusan
manajerial
siap2 belajar akutansi bro..
2. Riset Operasional
- Penekanan pada pendekatan sistematis untuk penyelesaian masalah
- Memakai model & prosedur matematik serta statistik dalam analisis
- Bertujuan mencari keputusan atau kebijakan secara optimal.
3. Manajemen dan Teori Organisasi
- Sifat dari teori keorganisasian & pengambilan keputusan secara pribadi / perorangan
- Motivasi dari setiap pribadi
atau bisa juga liat versi blog gw disini
Last edited by MrChapapa on Thu May 21, 2015 3:17 pm; edited 3 times in total